9 manfaat air putih untuk tubuh dan mental

Air putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mental dan pikiran

9 manfaat air putih untuk tubuh dan mental

Tips & Trik

6 Juni 2017 1747 views

10 komentar
Bekasi (MauTauBanget.com) - Berapa banyak air yang perlu diminum setiap hari agar tetap terhidrasi hingga kini masih menjadi bahan perdebatan.

Mungkin anda pernah mendengar bahwa kita memerlukan setidaknya enam sampai delapan gelas sehari, tapi sebenarnya bergantung pada faktor lain seperti berapa banyak aktivitas yang dilakukan, iklim tempat tinggal dan berapa banyak air yang didapatkan dari sumber air lain seperti buah dan sayuran.

Dikutip dari Huffingtonpost, kita tidak perlu terjebak dalam menghitung berapa gelas, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S.

Tapi tetap bebas dari rasa haus atau dehidrasi bukanlah satu-satunya alasan untuk meminum cukup H2O. Minum air putih yang cukup, ternyata menciptakan hal menakjubkan lainnya untuk tubuh, pikran dan juga mental.

Berikut ini manfaat air putih selain menghilangkan rasa haus:

1. Menjaga kesehatan kulit pada tingkat sel.

Air mungkin tidak akan membersihkan jerawat atau eksim, namun hal itu bisa membuat perbedaan.

Kulit terdiri dari tiga lapisan: Bagian terluar adalah epidermis, kemudian dermis dan akhirnya jaringan subkutan. Jika lapisan atas, epidermis, tidak cukup terhidrasi, kulit bisa kehilangan elastisitas dan terasa kasar, menurut Mayo Clinic.

Dan beberapa ahli mengatakan bahwa kehadiran air dalam tubuh dapat membantu produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit baik dan kencang.

2. Air putih membuat persendian tetap sehat.


Sebuah studi kecil tahun 2012 yang diterbitkan di jurnal Medical Gas Research menemukan bahwa meminum air kaya akan hidrogen yang membantu mengurangi rasa sakit pada orang-orang yang memiliki rheumatoid arthritis. Bagi orang tanpa penyakit itupun, asupan air biasa juga membantu tetap sehat dan nyaman. Minuman tersebut dapat melindungi sendi dan menjaga agar tidak dilumasi, sesuai dengan CDC.

3. Air membantu menurunkan berat badan.

Tidak ada cara lain untuk hal ini: Air putih membantu menurunkan berat badan lebih banyak daripada minuman lainnya. Studi demi studi menunjukkan bahwa air membantu orang mengkonsumsi lebih sedikit kalori dalam sehari dan membantu orang mempertahankan berat badan lebih rendah.

Satu studi tahun 2015 menemukan bahwa peserta yang memakan makanan dengan setengah liter air kehilangan rata-rata 10 pound selama penelitian daripada peserta yang tidak minum sebelum makan. Ini bisa jadi karena isyarat kelaparan tubuh sering disalahartikan sebagai isyarat haus.

4. Air putih membuat hidup tetap teratur.

Jika anda mengalami susah buang air besar, pertimbangkan untuk menaikkan asupan air sebelum bergegas untuk pencahar.

Konsumsi air sehari-hari penting untuk menjaga pergerakan usus tetap teratur, sesuai CDC. Ini hanya satu dari beberapa komponen inti yang mendukung pencernaan yang baik, termasuk makanan yang banyak mengandung serat dan olah raga yang baik.

5. Air putih membantu meringankan sakit kepala.


Inilah manfaat tambahan untuk tetap terhidrasi: Alasan umum untuk sakit kepala sebenarnya adalah dehidrasi (yang bisa menjelaskan mengapa kepala mungkin sakit setelah malam yang panjang).

Periset mengatakan bahwa tidak minum cukup air bisa menyebabkan volume darah turun. Hal ini menyebabkan kurang oksigen dan aliran darah ke otak dan pembuluh darah melebar, New York Times melaporkan. Saraf di otak merespons dengan menghasilkan sinyal nyeri, hampir seperti teriakan bantuan yang dibutuhkan untuk minum air.

Selanjutnya, cobalah minum beberapa gelas lagi sehari jika rentan terhadap migrain. Penelitian menunjukkan bahwa air ekstra dapat membantu orang mengurangi rasa sakit saat sakit kepala parah.

6. Air putih dapat membantu melindungi dari kanker.


Ada penyebab penyakit yang tidak bisa dikendalikan, seperti riwayat keluarga, jenis kelamin dan usia. Namun, gaya hidup sehat bisa membantu pencegahan kanker tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum beberapa gelas air setiap hari dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih pada pria.

Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan bahwa pria yang minum lebih dari 10 1/2 cangkir air sehari memiliki 24 persen penurunan risiko kanker kandung kemih selama periode 22 tahun. Periset berpikir bahwa meminum banyak air membantu menyingkirkan agen penyebab kanker potensial sebelum mereka memiliki kesempatan untuk berkembang.

7. Air putih juga membuat waspada dan fokus.

Siapkan segelas air di meja kerja anda: Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di British Psychological Society menemukan bahwa siswa undergrad yang membawa air bersama mereka ke ujian lebih baik daripada yang tidak. Para periset percaya bahwa menghirup air membantu orang tetap terhidrasi dan fokus pada tugas yang ada.

8. Air putih membantu jantung melakukan tugasnya.


Jantung terus bekerja untuk memompa darah ke seluruh pembuluh dan otot. Menjaga tubuh mendapat asupan air yang cukup membuat kerja jantung lebih mudah, menurut American Heart Association.

9. H2O membuat bahagia dan berenergi.

Air dapat membantu memperbaiki mood, menurut sebuah studi kecil di tahun 2015. Periset mempelajari 120 wanita dan menemukan bahwa konsumsi air yang lebih besar dikaitkan dengan tingkat ketegangan dan depresi yang dilaporkan lebih rendah.

Pada kasus dehidrasi ringan, yang berarti kehilangan hanya 1,5 persen air dalam tubuh, dapat menyebabkan iritabilitas dan tingkat energi yang lebih rendah, menurut penelitian.

Jadi minum air putih yang cukup!

Semoga bermanfaat.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Manfaat Air Mineral Air Putih

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.