Bayi yang menghisap jari apakah lebih sehat?

Bayi isap jari

Bayi yang menghisap jari apakah lebih sehat?

Ibu & Anak

6 April 2017 2230 views

10 komentar
Bekasi (Mautaubanget.com) - Isap menghisap pada bayi adalah suatu kesenangan pada fase oral dimana umur bayi antara 2 bulan sampai 3 tahun memang suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, hal itu wajar dilakukan untuk mengidentifikasi itu apa, jadi mulai dari jempol, telunjuk dan lain-lain.

Fase oral itu penting tidak boleh dilewatkan, ketika bayi mengalami hal tersebut semakin dia mengexplore semakin bagus, jadi jangan dilarang dan jangan dilepas kalau masih di fase itu.
Kalau sudah lewat masa itu masih menghisap jari, sebaiknya lepaskan atau dikurangi.

Isap jari pada bayi perlu diawasi, orang tua harus memastikan kuku dan jarinya dalam keadaan pendek dan bersih.

Menghisap jari memang satu hal yang penting untuk mulai mengenal, menyatukan, bagaimana rasanya,bentuknya dan akan terekam oleh bayi sampai dia dewasa, sebagai stimulasi awal perkembangan.

Menurut penelitian orang yang suka merokok salah satunya disebabkan oleh terlewatinya fase oral atau menghisap jari pada saat bayi, artinya dia tidak terpuaskan pada fase oral tersebut, sehingga masih mencari untuk menghisap.

Makanya anak-anak di bawah usia 3 tahun memang banyak sekali yang masih memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, karena itu merupakan salah satu Indra yang paling peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Di tubuh kita itu ada 5 Indra jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, kadang-kadang kalau kita justru melarang, indra perasa akan berkembang tidak baik, menjadi sesuatu yang berbeda di masa dewasanya nanti.

Dan menurut penelitian pada anak-anak yang menghisap jari saat bayi akan lebih tahan terhadap alergen, karena memasukkan sesuatu ke dalam mulut, tubuh kita akan memberikan reaksi yang baik, sehingga manfaatnya banyak.


Menurut penelitian yang dilakukan di Selandia. Bahwa anak-anak yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku atau menghisap jari, 31% sensitif terhadap alergen.

Bayi atau anak-anak yang menghisap jarinya dapat diartikan koordinasi antara mata dan motorik saraf bekerja dengan baik.
Waspadai jika anak yang kesulitan untuk mengancingkan bajunya karena mungkin saja terjadi gangguan pada koordinasi antara tangan dan mata.

Tetap jaga kebersihan tangan dan benda-benda yang biasa dipegang bayi pada fase oral.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Bayi Sehat Menghisap Jari

Author: Yuni Artikasari

Seorang ibu rumah tangga, yang ingin berbagi pengalaman dan tulisan yang saya dapat dari pengalaman pribadi, website, televisi maupun dari media lainnya. Sebagai tambahan pengetahuan, dan semoga bisa menjadi manfaat bagi semua, terutama saya pribadi dan keluarga.