Kenapa ibu hamil tidak boleh tidur terlentang?

Ibu hamil

Kenapa ibu hamil tidak boleh tidur terlentang?

Ibu & Anak

2 April 2017 2844 views

10 komentar
Bekasi (Mautaubanget.com) - Untuk Anda yang sedang hamil terutama pada usia kehamilan sudah memasuki 7 bulan keatas berhati-hatilah saat tidur dengan posisi terlentang.

Aman gak ya buat ibu hamil tidur dengan posisi terlentang?

Tidur dengan posisi terlentang masih baik untuk kehamilan muda atau di trimester pertama. Tetapi kalau sudah menginjak 7 bulan keatas usia kehamilan sebaiknya dihindari tidur terlentang.

Karena ketika janinnya semakin membesar akibatnya saat tidur terlentang dapat membuat organ dalam tubuh akan tertekan salah satunya lambung.

Apalagi dengan gerakan bayi yang menendang, semakin besar bayinya semakin aktif gerakannya.

Biasanya bayi aktif bergerak dimalam hari tidak heran ibu hamil saat tidur terlentang biasanya tiba-tiba merasa perih lambungnya atau mual pada malam hari.

Pada posisi tidur terlentang juga menyebabkan berat rahim dibebankan pada bagian belakang tubuh saja sehingga rentan menyebabkan sakit pinggang.

Selain itu uterus berada di bagian tekanan vena yang berfungsi untuk mengembalikan darah ke jantung ibu hamil akan terganggu juga bisa menyebabkan aliran darah ke plasenta janin menjadi lebih kecil jika tidur terlentang dalam waktu yang lama.

Kondisi ini bisa membatasi asupan gizi ibu hamil dan oksigen pada janin.

Untuk beberapa wanita dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, jika anda tetap ingin tidur dengan posisi terlentang usahakan bantal lebih tinggi karena jika dibiarkan setengah duduk ini, maka desakan ke organ-organ vitalnya akan sedikit berkurang.

Seiring dengan gravitasi malah gerakan bayi akan lebih ke samping tubuh.

Kalau misalnya ingin tidur ternyata tidak bisa miring kekanan atau kekiri mungkin bantalnya tidak sesuai.

Karena ada bentuk bantal khusus yang disesuaikan untuk ibu hamil. Usahakan kepala dan paha tidak saling berhimpitan.

Dan perlu hati-hati kalau misalnya tidur terlentang bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi karena bisa menekan pembuluh darah dan menyebabkan penyebaran nutrisi pada tubuh ibu hamil akan terpengaruh.

Jika terbiasa tidur dengan posisi yang tidak baik maka sirkulasi darah akan terganggu.

Jadi seperti apa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

Secara anatomi posisi tidur yang baik adalah miring ke arah kiri karena organ hati berada di sebelah kanan sehingga jika miring ke kanan organ hati akan menyempit.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Posisi Tidur Ibu Hamil Ibu Hamil

Author: Yuni Artikasari

Seorang ibu rumah tangga, yang ingin berbagi pengalaman dan tulisan yang saya dapat dari pengalaman pribadi, website, televisi maupun dari media lainnya. Sebagai tambahan pengetahuan, dan semoga bisa menjadi manfaat bagi semua, terutama saya pribadi dan keluarga.