Cara aman minum dari minuman kaleng

Bagian atas minuman kaleng (pixabay.com)

Cara aman minum dari minuman kaleng

Gaya Hidup

15 April 2017 2594 views

10 komentar
Pernahkah anda mendengar tentang kematian sesorang karena meminum sebuah minuman kaleng? Ada cerita tentang seseorang bisa meninggal karena leptospirosis setelah minum dari kaleng soda yang mungkin telah terkontaminasi dengan kotoran tikus atau air kencingnya.

Tapi apakah berita ini benar? Banyak dari dari kita telah salah dengan minum langsung dari minuman kaleng tanpa membersihkan bagian atas. Tetapi jika kita bersihkan pun apakah itu akan cukup?

Meskipun kotor ketika minum dari minuman kemasan kaleng tanpa membersihkan terlebih dahulu, Pusat Informasi Leptospirosis (Leptospirosis Information Center atau LIC) menepis peringatan leptospirosis itu hoax.

Juga, paparan penyakit tikus (atau bahkan hewan lain) dari urine atau feses mungkin memang dapat menyebabkan leptospirosis pada manusia tetapi minum dari minuman kaleng yang kotor akan sangat tidak mungkin untuk terkena infeksi.

LIC menjelaskan bahwa bakteri Leptospira membutuhkan terus-menerus didalam air sehingga dapat berkembang. Hal ini membuat bakteri tidak dapat bertahan hidup pada permukaan kering.

Karena permukaan kaleng soda tidak lembab, dan tempat minuman kaleng yang kotor tidak mungkin mencemari isi.
Bagian atas minuman kaleng telah diklaim terkontaminasi dengan kotoran tikus dan urin, yang dapat menyebabkan kematian dari leptospirosis.

Departemen Sumber Daya Alam Michigan juga mencatat tentang bagaimana bakteri tersebut hanya bisa bertahan hidup di luar rumah di bawah kondisi yang menguntungkan bakteri itu.

Bakteri lebih lembab, tanah sedikit basa, kolam stagnan, dan aliran rendah, dimana air bergerak lambat. Dalam kondisi ini, organisme dapat bertahan hidup selama beberapa minggu.

Klaim tentang kematian akibat minuman kaleng yang dapat menyebabkan kematian telah dinyatakan palsu atau hoax. Tapi minuman kaleng tetap harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diminum.

Minuman kaleng yang diletakkan di rak-rak supermarket dalam waktu lama akan membuat berdebu; mungkin pegawai supermarket talah menangani dengan tindakan pembersihan yang tepat setelah mereka keluar pabrik.
Deretan minuman kaleng di Supermarket (pixabay.com)
Deretan minuman kaleng di Supermarket (pixabay.com)

Meskipun klaim leptospirosis telah dibersihkan sebagai berita palsu yang beredar secara online maupun melalui sosial media dan pesan instan, LIC masih merekomendasikan cara yang baik adalah dengan mencuci bagian atas kaleng minuman sebelum diminum.

Atau gunakan sedotan untuk meminumnya atau cara yang paling aman adalah dengan menuangkan isi minuman kaleng ke dalam gelas.

Semoga bermanfaat.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Minuman Kaleng Cara Minum Minuman Kaleng

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.