Stres karena pekerjaan baik untuk kesehatan jika mampu mengendalikannya

Stres karena tekanan pekerjaan baik untuk kesehatan jika mampu mengendalikannya

Stres karena pekerjaan baik untuk kesehatan jika mampu mengendalikannya

Gaya Hidup

7 Mei 2017 704 views

10 komentar
Bekasi (MauTauBanget.com) - Terlepas dari semua efek negatif dari stres, berpikirlah bahwa ada sisi positifnya. Stres memusatkan pikiran, membuat lebih waspada, meningkatkan efisiensi dan bahkan meningkatkan produktivitas.

Namun, penelitian baru mengatakan bahwa untuk menikmati manfaat stres, harus merasakan kendali pada tugas yang ada dan terlibat dalam keputusan seperti jadwal dan tenggat waktu, seperti dikutip dari Mirror.co.uk.

Periset dari University of Indiana Business School telah mengikuti lebih dari 10.000 pekerja di usia enam puluhan sejak 2004.

Untuk mengukur tekanan pekerjaan mereka, karyawan ditanya seberapa keras mereka bekerja, seberapa banyak mereka harus berkonsentrasi dan jika mereka terlalu banyak bekerja.

Tujuh tahun kemudian, mereka yang bekerja dalam pekerjaan dengan stres tinggi dan berpendidikan rendah kemungkinan besar telah meninggal dunia.

Kanker ditemukan sebagai penyebab utama kematian, dengan tekanan diketahui sebagai faktor utama.

Orang juga meninggal karena penyakit peredaran darah, dengan para penulis berspekulasi bahwa mereka yang stres dapat makan berlebihan dan merokok sebagai pelariannya.

Mereka yang memiliki paling banyak tuntutan pekerjaan, memiliki 15% lebih kemungkinan meninggal daripada mereka yang memiliki karir yang kurang ketat. Juga, orang-orang dengan stres tinggi, pekerjaan dengan kontrol rendah cenderung kelebihan berat badan atau obesitas.

Tapi di sisi lain, berada dalam pekerjaan yang penuh tekanan dengan kontrol atas tenggat waktu dan kebebasan untuk menetapkan tujuan sendiri memiliki manfaat kesehatan.

Pekerja dalam pekerjaan yang lebih menuntut, yang merasa terkendali, memiliki harapan sepertiga lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan dengan karir yang memiliki tingkat stres kurang.

Penulis utama Erik Gonzalez-Mule mengatakan: "Temuan ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang penuh tekanan memiliki konsekuensi negatif yang nyata bagi kesehatan karyawan jika memiliki tingkat kebebasan rendah dalam pengambilan keputusan, sementara pekerjaan yang penuh tekanan sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesehatan karyawan jika memiliki kebebasan dalam pengambilan keputusan."

Pesan untuk pengusaha adalah merestrukturisasi pekerjaan untuk memberi karyawan lebih banyak tentang bagaimana pekerjaan dilakukan.

Profesor Gonzalez-Mule berkata: "Anda dapat menghindari konsekuensi kesehatan yang negatif jika membiarkan orang menentukan sasaran mereka sendiri, menetapkan jadwal mereka sendiri, dan memprioritaskan pengambilan keputusan dan sejenisnya."

"Bila tidak memiliki sumber daya yang diperlukan untuk menangani pekerjaan yang menuntut, mungkin akan makan lebih banyak atau merokok lebih banyak untuk mengatasinya."

Pekerjaan yang penuh tekanan menyebabkan orang menemukan cara mengatasi masalah dan bekerja melalui berbagai cara untuk menyelesaikan pekerjaan. Memiliki jumlah kontrol yang lebih tinggi memberi sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan itu.

Pekerjaan yang menantang dan menegangkan, daripada menjadi sesuatu yang melemahkan, sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang memberi energi.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Stres Pekerjaan

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.