Peralatan masak dari plastik dapat menyebabkan kanker dan beberapa penyakit lain

Peralatan masak dari plastik dapat menyebabkan berbagai penyakit

Peralatan masak dari plastik dapat menyebabkan kanker dan beberapa penyakit lain

Kesehatan

22 Februari 2019 769 views

10 komentar

Bekasi (Mautaubanget.com) - Peralatan dapur plastik sering digunakan terutama karena murah, nyaman dan ringan. Mereka benar-benar ke mana pun kita pergi baik di rumah, sekolah, kantor atau di toko.

Apalagi banyak variasi yang bisa kamu dapatkan dari peralatan dapur plastik dalam hal warna, bentuk dan ukuran dengan harga yang terjangkau.

Bahkan ada wadah yang katanya aman untuk microwave. Namun, apakah kamu benar-benar yakin plastik itu aman untuk digunakan di dapur?

Untuk menentukan ini, kamu perlu tau terlebih dahulu apa itu plastik.

Plastik adalah bahan sintetis yang terbuat dari sejumlah polimer organik (seperti PVC, nilon, bpa, polietilen, dll.) Yang dapat dicetak menjadi bentuk apa pun saat lunak dan kemudian diatur menjadi bentuk yang sedikit elastis atau kaku.

Singkatnya, plastik adalah sekelompok bahan kimia yang dicampur bersama. Mari kita lihat beberapa bahan kimia ini:

Bisphenol A (BPA)

BPA adalah salah satu bahan kimia paling luas penggunaanya saat ini. Bahan ini adalah komponen yang membuat plastik keras. Sebagai hasilnya, BPA digunakan dalam berbagai produk konsumen termasuk kemasan makanan, peralatan dan peralatan makan.

Bahaya BPA: BPA telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan kanker payudara.

Phthalates

Ini adalah sekelompok bahan kimia yang mengganggu endokrin. Bahan kimia ini membuat plastik lunak dan sebagian besar digunakan dalam membuat cangkir, kosmetik dan wewangian.

Bahaya Phthalate: Paparan phthalate telah dikaitkan dengan berbagai masalah medis termasuk kanker payudara, masalah kesuburan pria, gangguan spektrum autisme, diabetes tipe II, ADHD, asma dan IQ rendah.


Vinyl klorida

Sebagian besar digunakan untuk membuat bahan plastik ringan seperti tirai kamar mandi.

Bahaya Vinyl Chloride: Dapat menyebabkan kanker.

Styrofoam berbahaya karena kemungkinan penyebab kanker.
Styrofoam berbahaya karena kemungkinan penyebab kanker.

Styrene

Ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat karton telur, gelas dan piring sekali pakai, nampan makanan styrofoam dan alat makan plastik buram. Sangat berbahaya ketika membeli makanan yang ditempatkan di styrofoam saat makanan panas.

Bahaya Styrene: Kemungkinan penyebab kanker. Ini hanya beberapa senyawa berbahaya yang ditemukan dalam plastik.

Bagian yang menakutkan adalah, ada banyak lagi yang belum dipelajari karena itu, tidak ada yang tahu sejauh mana bahan-bahan ini menyebabkan penyakit. Namun, kita dapat dengan jelas melihat bahwa peralatan dapur yang menggunakan plastik mengandung semua bahan kimia yang tidak diinginkan dan berbahaya.

Bagaimana Bahan Kimia Berbahaya Memasuki Tubuh Kamu?

Yang mengkhawatirkan tentang bahan-bahan kimia ini adalah bahan-bahan itu masuk ke tubuh kita melalui berbagai cara. Bisa melalui menelan partikel, mencium atau hanya menyentuh bahan-bahan tersebut.

Dalam kebanyakan kasus, bahan kimia ini juga terurai sebagai akibat dari keausan plastik, reaksi kimia dan panas. Karena itu, lain kali jika kamu menggunakan peralatan dapur plastik, ingatlah jenis risiko yang akan kamu hadapi.

Plastik bahkan telah dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma pria di seluruh dunia sebesar 40% dan untuk peningkatan kasus infertilitas.

Kesimpulannya

Meskipun komponen yang ditemukan dalam plastik tidak akan mempengaruhi kesehatanmu dan keluargamu dengan segera, mereka pasti akan mengacaukan fungsi tubuh normal.

Seiring waktu, ini dapat menyebabkan efek negatif. Jadi, apakah menggunakan peralatan dapur plastik aman? Ya, aman, tetapi tidak dapat untuk mengatakan bahwa itu 100% aman. Sekarang, terserah kamu untuk memilih apa yang menurut kamu tepat untuk tubuhmu, buah hatimu dan keluargamu!

Jika ada peralatan stainless steel yang jelas aman, akankah kamu korbankan kesehatanmu dan keluargamu hanya karena harga murah? Ingat mengobati jauh lebih mahal dan lebih sakit dari mencegah.

Copyright © Mautaubanget.com 2019

Tag: Bahaya Styrofoam Peralatan Masak Plastik Berbahaya

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.