3 makanan ini akan membersihkan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol dengan cepat

Pembuluh darah arteri

3 makanan ini akan membersihkan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol dengan cepat

Kesehatan

25 Februari 2019 448 views

10 komentar

Bekasi (Mautaubanget.com) - Pembuluh darah arteri menyalurkan darah dan oksigen ke berbagai bagian tubuh mulai dari kepala sampai ke jari-jari kaki. Kamu perlu memiliki arteri yang sehat untuk membawa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Namun, banyak orang mengalami permasalahan dengan arteri yang tersumbat. Bahkan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, setiap 40 detik, seseorang di Amerika Serikat mengalami serangan jantung, yang bisa disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Pembuluh darah arteri yang tersumbat terjadi ketika plak menumpuk di dinding bagian dalam arteri dan menghalangi aliran darah, mengurangi jumlah darah dan oksigen yang bergerak di seluruh tubuh. Karena hal ini, bagian-bagian tubuh kamu tidak dapat berfungsi dengan baik dan akibatnya organ-organ kamu juga rusak. Inilah fase dimana orang disebut stroke.

Kolesterol baik (HDL) membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL), dan penting untuk menjaga kadar ini tetap seimbang. Faktanya, kadar kolesterol jahat yang tinggi telah dikenal sebagai silent killer karena seringkali tidak terdeteksi hingga terlambat.

Sebuah studi yang meneliti data pada 36.375 orang dewasa tanpa riwayat penyakit jantung atau diabetes dan orang dengan risiko rendah untuk kejadian seperti serangan jantung atau stroke dilakukan selama 27 periode waktu. Sebagian besar orang dewasa dalam penelitian ini ditemukan memiliki kadar LDL, namun kadarnya tidak cukup tinggi untuk diberi obat penurun kolesterol. Setelah 27 tahun, 1.086 orang dalam penelitian ini meninggal karena penyakit kardiovaskular dan 598 meninggal karena penyakit jantung koroner. Hal ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa kadar LDL, walaupun rendah, memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan jantung individu-individu ini.

Ada solusi sederhana, alami dan sehat yang dapat membantu, termasuk tiga bahan ini: bawang putih, kunyit, dan oatmeal.

Bagaimana cara kerja dari ketiga makanan itu dan bagaimana cara mengonsumsinya:

Bawang putih menurunkan kolesterol jahat
Bawang putih menurunkan kolesterol jahat

Bawang putih telah diteliti dan mampu membantu menurunkan kadar kolestreol jahat dengan mencegah kolesterol menempel pada dinding arteri. Hal ini mencegah arteri dari penyumbatan, mencegah pembekuan darah dan pada gilirannya mengurangi tekanan darah.

Cukup ambil 2-4 siung bawang putih mentah sehari. Dan mengkonsumsi cabai segar setiap hari akan memberikan hasil terbaik, jika bawang putih mentah terlalu sulit untuk dimakan karena bau dan rasanya, kamu bisa mencampur 5-7 siung ke dalam makanan harianmu. Mungkin menambahkannya ke saus, salad atau apapun. Bawang putih juga dapat ditemukan dalam bentuk tablet dan kapsul serta ekstrak atau bubuk.

Kunyit bermanfaat untuk menurunkan kolesterol
Kunyit bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Kunyit adalah rempah yang dapat membantu mengobati penyumbatan arteri, menurunkan kolesterol jahat dan membuat jantung kamu bekerja lebih baik. Curcumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang mencegah trombosit darah membentuk gumpalan. Kunyit juga dapat mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Cara terbaik adalah minum jamu tradisional kunyit segar, atau membuat kunyit sendiri dengan cara di parut atau dibrender lalu peras. Salah satu cara untuk mengonsumsi kunyit adalah dengan mengambil 1 sendok teh bubuk dan menambahkan sedikit madu ke dalam susu hangat. Minumlah 1-2 kali sehari. Bubuk kunyit juga bisa dimasukkan dalam masakan, mungkin dalam saus atau sup. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen kunyit (400-600 mg 3 x sehari).

Oatmeal baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol
Oatmeal baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Oatmeal adalah makanan yang sehat untuk jantung karena kandungan seratnya yang tinggi. Telah direkomendasikan oleh The American Heart Association bahwa total kebutuhan serat untuk orang dewasa harus 25 hingga 30 gram sehari dari makanan, bukan suplemen. Inilah mengapa oatmeal adalah pilihan yang fantastis.

Faktanya, semangkuk oatmeal yang terbuat dari 3/4 cangkir gandum kering mengandung 3 g serat larut yang lebih mudah dicerna daripada serat yang tidak larut. Serat larut mengikat kolesterol dalam tubuh, membantu kamu mencernanya daripada menyerapnya ke dalam aliran darah. Ini membantu menurunkan kadar LDL dalam darah.

Baca juga: Cara menurunkan kolesterol dengan makan 11 makanan lezat berikut ini

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari oatmeal, makan 1-2 mangkuk gandum matang setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan bahkan madu untuk meningkatkan rasanya dengan cara yang lebih sehat.

Kiat lain untuk mengurangi risiko penyumbatan arteri dan kadar kolesterol tinggi:

  • Hindari merokok
  • Hindari minum alkohol
  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Jauhi stres / kecemasan buruk
  • Lakukan yoga dan meditasi secara teratur
  • Banyak tertawa atau berpartisipasi dalam terapi tawa
  • Lakukan tes darah secara rutin

Baca juga: Makan kurma selama 1 minggu dan inilah manfaatnya

Copyright © Mautaubanget.com 2019

Tag: Cara Menurunkan Kolesterol

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.