Waspadai tanda di wajah ini sebelum menjadi masalah kesehatan serius

Ketika bercermin, perhatikan tanda-tanda di wajah jika kesehatan terganggu

Waspadai tanda di wajah ini sebelum menjadi masalah kesehatan serius

Kesehatan

12 Mei 2017 2769 views

10 komentar
Bekasi (MauTauBanget.com) - Kehidupan modern tidak selalu berjalan beriringan dengan kesehatan yang baik. Kehidupan yang serba mudah sekarang ini, bahkan untuk membayar tagihan juga bisa dilakukan ketika duduk, membuat kita selalu di dalam ruangan sepanjang siang hari, yang berakibat fatal bagi kesehatan.

Baca: Tabir Surya Dapat Memblokir Vitamin D Dan Kurang Baik Bagi Kesehatan

Belum lagi faktor stres, kurang tidur, uang dan uang, masalah keluarga, mabuk-mabukan, diet dan tingkat polusi yang tinggi, tidak mengherankan jika kita kekurangan beberapa vitamin dan nutrisi penting.

Untungnya, tubuh kita lebih pandai dan seringkali memiliki cara yang baik untuk memberi tahu kita bahwa kita kekurangan vitamin.

Ada beberapa gejala kekurangan vitamin pada tubuh kita akan memberi tanda di wajah. Ini dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang dapat berdampak serius pada kesehatan mental, kesehatan tulang dan kesuburan, dan seharusnya perlu diperhatikan.

Baca: Suplemen Dan Vitamin Apa Yang Layak Dikonsumsi Dan Di Makanan Apa Saja?

Inilah yang harus diwaspadai saat kita melihat ke cermin.

1. Mata Pucat
Mata pucat bisa karena kelelahan atau kekurangan Yodium
Mata pucat bisa karena kelelahan atau kekurangan Yodium

Dengan sebagian besar dari kita merasa lelah hampir sepanjang waktu, membuat gejala seperti mata pucat, karena kurang tidur. Itu juga merupakan gejala kekurangan yodium.

Sebenarnya, ada sekitar dua miliar orang di seluruh dunia menderita hal ini, bukan tidak mungkin anda juga mengalaminya. Bila kekurangan yodium parah, kerusakan otak bisa terjadi.

Untuk mengatasi kekurangan yodium, bisa lebih banyak makan ikan, kerang, roti, cheddar, telur, sushi dan susu.

2. Bibir Pucat
Bibir pucat bisa mendeteksi kekurangan zat besi
Bibir pucat bisa mendeteksi kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi adalah masalah yang serius, apalagi bagi wanita yang sedang menstruasi. Gejala lain yang mungkin perlu diperhatikan adalah kelelahan dan sesak napas. Mungkin juga terjadi pembengkakan lidah.

Jika kekurangan zat besi, maka perbanyak makanan daging merah, hati, ikan, kacang polong dan sayuran hijau dalam makanan.

3. Ruam Di Wajah
Ruam di wajah dan iritasi mungkin kekurangan vitamin B12
Ruam di wajah dan iritasi mungkin kekurangan vitamin B12

Ruam adalah inflamasi dan perubahan warna yang terjadi pada kulit. Timbulnya iritasi, gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam.

Tanda kekurangan vitamin B12 adalah dermatitis dan ruam di pipi. Hal yang sama berlaku jika melihat luka di sudut mulut tanpa sebab yang jelas.

Jika mengalami sensitivitas cahaya, anemia, pembengkakan dan nyeri tenggorokan, dan lidah bengkak maka ini juga bisa dikaitkan dengan kekurangan B12.

Untuk mencegah gejala ini meluas kepada kesehatan yang lebih serius, cobalah makan lebih banyak jamur, bayam, daging kambing, kacang almond, tomat kering, kalkun, asparagus dan yoghurt.

4. Rambut Kering

Rambut kering karena kekurangan vitamin C
Rambut kering karena kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C ringan pun bisa saja terjadi, tidak hanya dengan rambut kering, kulit dan gusi berdarah, tapi juga jika merasa mudah memar, dapat dipastikan anda kekurangan vitamin C. Rambut kering juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin D.

Baca: Vitamin D Dapat Mengurangi Pilek dan Flu Kronis

Gejala lain seperti mudah lelah, lesu dan tidak memiliki mood dan penurunan berat badan bisa jadi indikasi kekurangan vitamin C. Jika anda merasakan itu, makanlah lebih banyak jeruk, kangkung, brokoli, stroberi, jeruk bali, cabai dan buah kiwi.

Copyright © Mautaubanget.com 2017

Tag: Vitamin D Vitamin Kekurangan Vitamin

Author: Adika Hawwari

Seorang yang belajar menjadi programmer, hobi dengan dunia internet yang banyak memberi manfaat dan mencoba berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua.